Headlines News :
Home » , » Ledakan Misterius Di Makassar, Mungkinkah Sukhoi ?

Ledakan Misterius Di Makassar, Mungkinkah Sukhoi ?

Cyber4rt | 20 January 2015 | 12:43 PM

Hari ini Selasa (20/1/2015) sekitar pukul 09.30 WITA sebuah ledakan misterius terdengar dan dirasakan oleh seluruh warga kota Makassar hingga ke beberapa kabupaten yang ada di Sulawesi Selatan. Dari hasil penelusuran Cyber4rt di internet, kejadian ini pernah juga terjadi di Kecamatan Batang dan Arungkeke, Kabupaten, Jeneponto, Kamis (08/01/2014) pagi dan di Kabupaten Takalar beberapa tahun lalu, saat pesawat jet tempur juga latihan di sana. Suara dentumannya bahkan didengar sampai di Kota Makassar.

Berdasarkan ilmu fisika, utamanya mengenai mekanika fluida, fenomena dentuman keras (Sonic Boom) saat pesawat jet tempur melintas, muncul ketika pesawat mengubah kecepatannya secara tiba-tiba hingga di atas kecepatan suara. Kecepatan suara berkisar 760 mil per jam atau sekitar 340 meter per detik, atau setara 661 knot pada permukaan laut tenang. Benda yang melintas setara kecepatan suara digambarkan dengan satuan Mach 1. Khusus pada fluida non-kompresi (semisal air), kecepatan benda memakai satuan Reynolds.

Ketika suatu benda tiba-tiba melintas melebihi kecepatan udara, maka muncullah dentuman keras (Sonic Boom) itu. Suaranya mirip ledakan besar. Bila dalam pandangan kasat mata, fenomena Sonic Boom itu terlihat ekor pesawat seperti diselumuti awan kerucut. Seolah-olah ekor pesawat sedang terbakar. Inilah yang mungkin dilihat atau didengar kemudian disimpulkan sebagai pesawat jatuh atau terbakar.
Share this article :
 
█║▌│█│║▌║││█║▌│║▌║█║║▌
Cyber4rt © 2015 | Some Rights Reserved
ABOUTCONTACTDISCLAIMERPRIVACY POLICYSITEMAPTERMS
Powered by Blogger