Headlines News :
Home » » Tips Menciptakan Kesan Pertama Yang Baik Dan Memukau

Tips Menciptakan Kesan Pertama Yang Baik Dan Memukau

Cyber4rt | 10 March 2015 | 9:11 PM


Ada beberapa tips sederhana menciptakan kesan pertama yang baik dalam pertemuan pertama Anda.

1. Datanglah tepat waktu
Satu hal paling menjengkelkan adalah menunggu. Siapa pun Anda pasti tidak suka jika ada orang mengatakan “mohon maaf saya terlambat, tadi macet” atau begini “Maaf tadi ban kendaraan saya bocor jadi maafkan atas keterlambatan ini” atau kalimat-kalimat yang lain. Saya berharap Anda tidak melakukan hal tersebut dalam pertemuan perdana Anda, terlebih jika pertemuan tersebut menyangkut masa depan Anda atau karir Anda. pastikan Anda mengantisipasi segala kemungkinan. Untuk itu datanglah lebih awal, ini jauh lebih baik untuk menjaga kemungkinan-kemungkinan buruk yang muncul. Sedikit menunggu jauh lebih baik dari pada kita ditunggu. Percayalah ini akan memberikan dampak luar biasa pada diri Anda, dan saya yakin kesan pertama yang tercipta adalah kesan positif yang akan mengantarkan Anda sebagai pemenang.

2. Berpenampilan menarik dan sesuai
Tahukah Anda bahwa gambar atau visual bermakna seribu kata. Dalam sebuah pertemuan, sebenarnya Anda adalah visual itu sendiri. Orang melihat Anda sebagai simbol visual yang dapat mereka amati langsung. Mereka dapat dengan mudah menilai Anda dari penampilan Anda. Penampilan di sini meliputi pakaian yang Anda gunakan, asesoris, bahkan penampilan fisik Anda. Gunakan pakaian dan asesoris Anda secara tepat. Perhatikan juga fisik Anda, kebersihan Anda, bentuk rambut, kalau Anda wanita Anda juga harus memperhatikan make up yang Anda gunakan. Sesuaikan semua itu dengan situasi pertemuan Anda. Percayalah ini akan menjadikan Anda menarik pada pandangan pertama.

Baca juga: 

3. Tersenyumlah
Ada sebuah pepatah mengatakan “tersenyumlah maka dunia akan tersenyum juga”. Kekuatan senyuman sangat penting dalam membangun kesan pertama yang positif. Tersenyumlah dengan hangat dan tulus. Karena ini akan menciptakan kesan yang mendalam pada lawan bicara Anda. Tapi jangan pernah berpikir untuk memaksakan sebuah senyuman, karena jujur saja ini akan nampak oleh lawan bicara Anda. Kecuali Anda adalah seorang aktor, tapi saya tahu kita bukan aktor, yang memang terlatih untuk melakukan akting. Jadi tampilah apa adanya, tersenyumlah dengan hangat dan tulus disetiap kesempatan.

4. Bersikaplah terbuka dan percaya diri
Kebanyakan orang akan merasa gugup pada sebuah pertemuan pertama. Disadari atau tidak hal ini akan nampak pada bahasa tubuh Anda. Jadi berhati-hatilah, kalau Anda tidak bisa mengendalikannya, lawan bicara Anda akan tahu. Untuk itu hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengatasi rasa gugup Anda. Caranya, bersikaplah tenang, berpikirlah positif dan proyeksikan dalam bentuk gerakan. Gunakan bahasa tubuh Anda untuk memproyeksikan rasa percaya diri Anda. Berdirilah dengan tegak, lakukan kontak mata, tersenyum dan jabat tangan lawan bicara Anda dengan erat. Semua ini akan membantu Anda dan menjadikan pertemuan Anda lebih nyaman.

5. Pahami lawan bicara Anda terlebih dahulu
Ketahuilah kebanyakan orang suka didengarkan, termasuk lawan bicara Anda. Jadi jangan sampai Anda mendominasi pembicaraan. Paling baik, berikan kesempatan kepada lawan bicara Anda untuk berbicara terlebih dahulu, ajukan beberapa pertanyaan terbuka kepadanya. Hal ini bertujuan untuk memahami lawan bicara Anda terlebih dahulu. Ini adalah poin penting karena tanpa memahami lebih dulu Anda akan sulit menjadi menarik pada pertemuan pertama. Jadilah pendengar yang baik karena tanpa mendengarkan rasanya mustahil Anda bisa memahami dengan baik. Steven Covey pernah mengatakan salah satu kebiasaan manusia yang efektif adalah pahami orang lebih dulu baru mereka memahami Anda.

Ingat Anda hanya memiliki sedikit waktu untuk menampilkan kesan pertama yang baik. Jadi sangat penting bagi Anda untuk mempersiapkannya. Dengan sedikit usaha, saya percaya Anda mampu menampilkan kesan pertama Anda baik, bahkan tidak menutup kemungkinan Anda berhasil menampilkan kesan pertama dengan baik dan memukau. (Victor Irawan)
Share this article :
 
█║▌│█│║▌║││█║▌│║▌║█║║▌
Cyber4rt © 2015 | Some Rights Reserved
ABOUTCONTACTDISCLAIMERPRIVACY POLICYSITEMAPTERMS
Powered by Blogger