Headlines News :
Home » , , » Bug Facebook Senilai 20 Ribu Dollar

Bug Facebook Senilai 20 Ribu Dollar

Cyber4rt | 07 August 2013 | 9:02 AM

Bug Facebook Senilai 20 Ribu Dollar
Beberapa waktu yang lalu, seorang hacker asal Inggris bernama Jack Whitton berhasil menemukan Bug di Facebook yang bisa menyebabkan dibobolnya akun pengguna dengan cara yang mudah, yaitu melalui SMS.

Sebagaimana diketahui Facebook memberikan opsi bagi pengguna untuk menghubungkan nomor telepon dengan akun Facebook. Dengan fitur ini pengguna Facebook dapat menerima update melalui SMS sekaligus fitur ini memungkinkan pengguna untuk login dengan nomor telepon dibandingkan dengan email.

Seperti yang Cyber4rt kutip dari Ictwatch.com, Jack Whitton menggunakan dua cara untuk membobol akun pengguna Facebook via SMS. Pertama, ia coba mendaftarkan diri melalui SMS, contoh format yang dipakai di Amerika adalah fb kirim ke 32654.

Setelah mengirimkan SMS ke Facebook, dalam beberapa saat Whitton akan mendapatkan balasan otomatis dari sistem. Kedua, dari pesan tersebut kemudian ia memodifikasi elemen profile_id, yakni salah satu komponen identitas warga Facebook.

Pesan yang sudah dimanipulasi itu kemudian akan membuat sistem Facebook memberikan opsi reset password. Dari sini peretas bisa meminta password baru untuk ID yang ia masukan sebelumnya dan bisa login ke akun pengguna Facebook.

Bagusnya, Jack Whitton langsung melaporkan Bug yang ada di Facebook tersebut. Facebook kemudian menambal lubang tersebut sehingga tidak bisa digunakan lagi. Facebook pun memberi reward senilai 20 ribu dollar untuk Jack Whitton.

Melihat besarnya hadiah yang diberikan, bisa jadi Bug ini cukup berbahaya karena banyak pengguna Facebook yang mentautkan nomor ponsel mereka ke akun Facebook.

Nah hati-hatilah, jika tidak terlalu penting, hindarilah mentautkan nomor ponsel anda dengan akun Facebook meskipun bug tersebut sudah ditambal.
Share this article :
 
█║▌│█│║▌║││█║▌│║▌║█║║▌
Cyber4rt © 2015 | Some Rights Reserved
ABOUTCONTACTDISCLAIMERPRIVACY POLICYSITEMAPTERMS
Powered by Blogger