Headlines News :
Home » , » Inilah Pembalap Tertua di MotoGP 2013

Inilah Pembalap Tertua di MotoGP 2013

Cyber4rt | 08 April 2013 | 8:35 AM

Inilah Pembalap Tertua di MotoGP 2013
Makassar, KM - Colin Edwards kembali menyandang sebagai pembalap tertua di grid Motor Grand Prix (MotoGP) musim 2013 ini. Di musim 2013 ini, pembalap berusia 39 tahun tersebut akan adu kecepatan dengan menggeber motor Kawasaki.

Colin Edwards lahir di Houston, Texas pada 27 Februari 1974, ia naik sepeda pertamanya pada usia tiga tahun. Ayahnya, Colin Edwards Sr, yang juga adalah seorang pembalap sepeda motor memainkan peran besar dalam karir awal Colin.

Seperti yang Cyber4rt kutip dari Kabar Makassar, Colin pun menjadi pembalap amatir tertinggi AS melalui karir awal Motocross, sebelum beralih ke balap jalanan pada usia 16 dan melanjutkan karir amatir yang sukses. Ia kemudian beralih ke balapan profesional sebelum musim 1992, kemudian turun di South West Motorsports seri 250cc Nasional, dan memenangkan lima balapan dengan mengalahkan Kenny Roberts Jr.

Pada tahun 1993, di usia 19 tahun Colin pindah ke seri Superbike AMA Nasional dan menghabiskan dua tahun mengembangkan bakatnya di Yamaha Superbike, menyelesaikan 6 balapan di kejuaraan di tahun pertama dan 5 pada tahun 1994.

Yamaha kemudian memindahkannya ke kejuaraan internasional, dan pada tahun 1995 ia diperebutkan World Superbike Championship dengan dibentuknya tim Yamaha Factory yang baru. Setelah menghabiskan tahun 1995, Edwards mencapai posisi podium pertamanya pada tahun 1996. Pada tahun yang sama ia bekerja sama dengan Noriyuki Haga untuk Suzuka Eight-Jam, pasangan menjadi duo termuda untuk memenangkan perlombaan dalam sejarah.

Dia kemudian absen dan melewatkan sebagian besar balapan di tahun 1997 karena cedera, kemudian bergabung dengan Honda pada tahun 1998, dan menjadikannya sebuah kemenangan ganda di Monza dan finishing keseluruhan 5 di Championship.

Pada tahun 1999 ia finis di tempat kedua, tapi 2000 berhasil menang. Ia memenangkan delapan balapan dan gelar Kejuaraan Superbike Dunia. Dia kehilangan gelarnya oleh rivalnya Troy Bayliss pada tahun 2001, tetapi direbut kembali dengan cemerlang di Australia pada tahun berikutnya. Merebut 11 kali kemenangan sebelum meninggalkan World Superbike Championship untuk bergabung Aprilia MotoGP pada tahun 2003.

Di MotoGP World Championship, Colin menyelesaikan 13 balapan secara keseluruhan, tapi dia bernasib lebih baik di tahun 2004, menggeber Honda Gresini bersama Sete Gibernau. Mencapai dua posisi podium pertamanya di MotoGP, Edwards menyelesaikan kejuaraan di tempat kelima kemudian bergabung sebagai Valentino Rossi dipabrikan Yamaha tim-mate untuk tahun 2005.

Dalam musim awalnya pada M1, Colin sukses dengan empat kali prestasi yang mengesankan dalam kejuaraan. Ia berhasil tiga kali naik podium dan merupakan satu-satunya pembalap yang mengambil poin di 17 ras.

Pada 2006 Edwards yang setim dengan Valentino Rossi sempat putus asa untuk meraih kemenangan pertama MotoGP. Saat itu Rossi kehilangan gelarnya yang direbut Nicky Hayden pada putaran sangat akhir. Edwards, Rossi dan Yamaha semua berharap untuk memperbaiki sejumlah kesalahan mereka selama tahun pertama di 800cc, meskipun tes musim dingin yang menjanjikan dan harapan yang tinggi, M1 baru terbukti masih sangat kurang bertenaga dibandingkan dengan Ducati Casey Stoner.

Edwards setidaknya mengambil dua posisi pole MotoGP pertamanya, ditambah dua podium, namun semua yang diraihnya dalam kejuaraan itu jauh di bawah ekspektasi. Meski Rossi ingin Edwards tetap bersama dia pada tahun 2008, namun Yamaha memiliki penilaian lain. Edwards pun pindah ke tim Tech 3.

Di Tim Tech 3, Edwards kemudian berkembang dengan Guy Colon disisinya, beradaptasi dengan ban Bridgestone. Mengakhiri musim di posisi kelima secara keseluruhan, Edwards selesai sebagai pembalap satelit atas dengan margin yang jelas dan bahkan mampu mengalahkan pabrik Honda Andrea Dovizioso pada balapan yang sangat akhir.

Edwards menemukan kesesuaian dengan rekan setimnya yang baru yang juga sesama Texas, Ben Spies di tahun 2010.

Setelah hanya berakhir di terbaik ketujuh pada 2012, Edwards di tahun 2013 ini kembali untuk unjuk kecepatan dengan bergabung dengan tim FTR-Kawasaki CRT.

Data Pribadi
Nama: Colin Edwards
Tim sekarang: FTR-Kawasaki CRT
Kebangsaan: Amerika
Tanggal Lahir: 27 Februari 1974
MotoGP Pertama: Grand Prix Jepang, Suzuki (2003)
Tim: Forward Racing (2012 -), Tech 3 Yamaha (2008-2011), Yamaha FIAT (2007), Camel Honda (2006), Gauloises Yamaha (2005),
Telefonica Honda (2004). [KM04]
Share this article :
 
█║▌│█│║▌║││█║▌│║▌║█║║▌
Cyber4rt © 2015 | Some Rights Reserved
ABOUTCONTACTDISCLAIMERPRIVACY POLICYSITEMAPTERMS
Powered by Blogger