Headlines News :
Home » » Cara Kerja Rem ABS (Antilock Brake System) Pada Mobil

Cara Kerja Rem ABS (Antilock Brake System) Pada Mobil

Contributor | 15 January 2013 | 3:48 PM

Cara Kerja Rem ABS (Antilock Brake System) Pada Mobil


Sebuah sistem yang mencegah roda mengunci dalam pengereman mendadak, atau ketika kendaraan melintas di permukaan licin, dan menjaga agar kendaraan tetap terkendali. Sistem ini memungkinkan pengendara terlindungi dari potensi kecelakaan yang disebabkan oleh roda yang mengunci dan membuat kendaraan tak terkendali.

ABS mengontrol tekanan minyak rem yang bekerja pada silinder roda (wheel cylinder), sehingga roda tidak akan mengunci bila pengereman berlaku secara tiba-tiba. Ini akan membantu dalam menjaga kestabilan arah selama pengereman emergency.

MENGAPA SISTEM REM ABS PERLU ?

Ketika pedal rem diinjak, roda dapat terkunci bahkan sebelum kendaraan berhenti total. Dalam peristiwa ini, daya manuver kendaraan akan sangat berkurang dan terkadang hilang sama sekali, terutama bila roda depan yang terkunci ( kendaraan akan selalu bergerak searah dengan dengan gaya beratnya ke manapun anda menggerakkan roda kemudi). Hal yang sama juga terjadi pada stabilitas pengendalian kendaraan anda, apabila roda belakang yang terkunci (gaya berat bagian belakang kendaraan yang tidak tertahan akan menyebabkan kendaraan menjadi berputar).

DIMANA ABS DILETAKAN ?

ABS adalah perangkat yang terintegrasi dalam sistem pengereman, bukan perangkat tambahan. Posisinya terpasang di antara master silinder dan roda rem dan perangkat ini berfungsi pasif dalam pengereman normal.

BAGAIMANA CARA KERJA ABS ? DAN APA FUNGSINYA UNTUK KENDARAAN ?


Share this article :
 
█║▌│█│║▌║││█║▌│║▌║█║║▌
Cyber4rt © 2015 | Some Rights Reserved
ABOUTCONTACTDISCLAIMERPRIVACY POLICYSITEMAPTERMS
Powered by Blogger