Pembuatan Storytime
Sebuah episode bermula dari ide cerita yang sederhana. Ide tersebut diserahkan pada tim scriptwiters untuk diolah menjadi cerita yang bagus. Kemudian diserahkan pada storyboard artist untuk membuat story linenya, tahap ini juga membantu set dressers, prop-makers, model-makers, riggers dan cameramen untuk mempersiapkan pengambilan gambar dan apa saja yang diperlukan.
Persiapan Scene
Rumput
di pertanian dibeli dari hobby center, dicat hijau untuk mendapatkan
corak rumput yang pas, ditambah dengan rumput ilalang dan bunga aster. Gumpalan kecil hitam juga disebar untuk mendapatkan efek kotoran domba. Rumput
ini kemudian dibentangkan di atas baja berlubang untuk mendapatkan
pondasi yang bagus. Animator kemudian dapat menggunakan magnet untuk
menjaga karakter di tempat, dan menggunakan baja untuk memasang pohon,
rumah pertanian, gudang dan bagian lainnya dari set tersebut tetap pada
tempatnya.
Model-makers
membuat domba dengan terlebih membentuk badan, kemudian membungkus
tubuh mereka dengan wool putih. Bulu tersebut kemudian dikotori sedikit
dan kaki yang terbuat dari silikon ditambahkan, terakhir kepala yg dapat
dipasang-lepas dipasang dibadan. “Kami memiliki sejumlah badan, beberapa mempunyai empat kaki, dan beberapa hanya dua, tergantung pada scene,” kata Chris.
Pembuatan Properti
Property
maker dipanggil untuk membuat segalanya dari handuk pantai berukuran
domba, untuk mainan mandi untuk Timmy, dan bahkan meja untuk adegan
sihir. Prop maker Helen Javes berkata: “Semuanya dibuat manual,
sehingga sangat rumit. “Bahkan kaki meja dibuat manual untuk mendapatkan
bentuk yang tepat.” Tetapi pekerjaan prop maker bukan tanpa risiko.
Jari teriris pisau tajam, dan terbakar akibat panas dari lem adalah
resiko pekerjaan sehari-hari.
Ekspresi Mata
Mata domba memiliki lubang kecil sehingga mereka dapat dimanipulasi untuk membuat mereka melihat ke kiri, kanan, atas, bawah. Setiap
animator juga memiliki puluhan kelopak mata khusus buatan – potongan
kecil dari plastisin berbentuk kubah ungu yang dapat ditambahkan ke bola
mata untuk membuat domba berkedip, atau terlihat mengantuk. Karena
domba-domba itu tidak berbicara, mereka menggunakan ekspresi untuk
menceritakan kisah atau memberikan momen komedi . “kelopak mata mereka
adalah siksaan bagi animator mata”.
Penyimpanan
Bila tidak digunakan, domba dan potongan domba disimpan dalam di rak di antara ruangan studio di Aardman. Disini para animator dapat menemukan kaki cadangan untuk Shaun, sedikit bulu ekstra.
Komedi Slapstik
Kecuali
dari beberapa embikan dari Shaun dan teman-temannya, gongongan dari
Bitzer dan dengusan dari Petani, Shaun and the sheep adalah serial TV
diam. Sementara Film animasi yang lain menggunakan suara dalam
ceritanya, tidak demikian dalam Shaun ini. “Lebih mudah untuk
menganimasikannya karena lip-sync adalah salah satu aspek yang paling
memakan waktu untuk animator,” ujar Chris.
Sabar dan Teliti
Karakter dalam Shaun and the sheep bergerak 25 kali per detik, berarti
animator harus mengatur ulang adegan 1.500 kali hanya satu menit dari
rekaman. Mereka rata-rata menyelesaikan tujuh detik rekaman/harinya